Saturday, August 1, 2015

Descent of the Phoenix - Chapter 0056

|| Terjemahan manual dari: Shiroyukineko Translations ||

Descent of the Phoenix: 13 Years Old Princess Consort - Chapter 0056

Menghukum Pihak yang Bersalah (bagian XII)
----------------------------------------------------------------------------------------

Bagaimana dia bisa tahu kalau nyali Liu Yue ternyata lebih tinggi dari langit dan tindak-tanduknya tak bisa ditebak sama sekali? Gadis kecil itu ternyata berani mendatangi Kediaman Perdana Menteri Kiri dan menghajar semua penjaganya dan yang mengejutkan, tak satupun penjaga yang mampu menandinginya. Sungguh sang Kaisar tak tahu apa yang harus dia katakan.

"Yang Mulia, kau harus mendukungku, aku istrimu ... Yang terhormat Perdana Menteri Kiri dipermalukan oleh seorang anak kecil. Jika ini tersebar keluar, tidak masalah kalau hanya menodai wajah ayahku tapi masalah ini juga akan menodai reputasi Kekaisaran Tian Zhen!" Permaisuri Liu mendengungkan omelannya pada Xuan Yuan Yi, penuh dengan rasa kesal dan kecewa.

Mendukungnya? Dia juga ingin mendukungnya, tapi dirinya sendiri yang mengijinkan Liu Yue untuk melakukan semua itu. Bagaimana dia bisa menjilat ludahnya sendiri?

"Aku sudah memberikan janjiku padanya untuk tidak ikut campur dalam permasalahan ini. Aku juga sudah mengijinkannya untuk menghajar mereka." Xuan Yuan Yi mengerutkan alisnya sekali lagi.

"Sekarang dia sudah menghajar mereka, apalagi yang dia inginkan?" Wajah Permaisuri Liu tampak penuh dengan rasa jengkel dan marah.

"Tapi apakah dia menghajar orang bermarga Liu?" Imperial Consort Chen, yang berdiri di sisi yang lain, bertanya pada pelayan di belakangnya dengan perkataan hati-hati dan penuh perhitungan.

"Tidak, dia hanya menghajar beberapa bawahan saja. Dia tidak menyentuh seujung rambutpun dari keluarga Perdana Menteri Kiri, bahkan juga tidak kepada Nona Liu Xin Ai yang bertingkah kurang sopan." Pelayan itu segera menjawabnya.

Imperial Consort Chen hanya mengangguk dan bergumam, "Oh."

Dia tidak banyak berkata-kata, tapi secara terbuka telah membuka maksudnya dengan terang-terangan. Kaisar sudah berjanji pada Liu Yue untuk mengijinkannya menghajar orang yang mengganggunya, yang mana orang itu bermarga Liu. Karena dia sama sekali belum menghajar mereka, janji Kaisar bisa dianggap belum tergenapi.

Xuan Yuan Yi duduk di antara kedua istrinya. Dia sulit untuk membuat keputusan saat mendengarkan kedua pihak.

Mendengar itu, Permaisuri Liu mengerutkan alisnya dan memandang pada Imperial Consort Chen, "Mei Mei, Liu Xin Ai hanya kurang bisa bertenggangrasa dengan baik. Perkataannya mungkin kasar dan dia memang harus dihukum. Liu Yue seharusnya hanya menghukumnya seorang saja dan aku sama sekali tidak akan komplain. Tapi sekarang dia ternyata mendatangi kediaman ayahku, Perdana Menteri Kiri. Apa maksudnya dengan melakukan semua itu?"

Melihat Permaisuri Liu membantah perkataannya, Imperial Consort Chen segera memasang wajah tersenyum manis dan berkata, "Memang benar. Pelayan Li, bagaimana Liu Yue menjelaskan semua tindak tanduknya?"

"Dia berkata kalau itu kesalahan seorang ayah karena tidak mendidik anak-anaknya dengan baik. Karena cucunya sudah melakukan kesalahan, maka beliau meminta keadilan dari Perdana menteri Kiri." Pelayan Li, yang berada di belakang Imperial Consort Chen, segera membungkuk hormat dan menjawab pertanyaannya.

Imperial Consort Chen tersenyum dan mengangguk saat mendengar jawabannya, kemudian menoleh pada Permaisuri Liu yang wajahnya tampak pucat pasi, "Jie Jie juga berkata kalau Liu Xin Ai kurang bisa bertenggangrasa dengan baik. Dia sudah berumur enambelas tahun tapi masih belum mempelajari sopan santun yang benar atau bagaimana untuk bertenggang rasa dengan baik pada orang lain. Tentu saja itu merupakan kesalahan dari Perdana Menteri Kiri karena tidak mendidiknya dengan benar. Meskipun Liu Yue masih kecil, karena dia sudah menerima anugerah pernikahan maka boleh dibilang dia sudah dewasa sekarang. Bagaimana bisa seorang dewasa bertengkar dengan seorang anak kecil? Tentunya dia akan mencari seorang dewasa lain yang pantas untuk menyelesaikan masalah ini. Tidakkah Jie Jie juga berpikir kalau ini hal yang pantas dilakukan?"

Setiap kalimat yang keluar dari bibir Imperial Consort Chen sangat logis dan masuk akal, tapi semua perkataan ini hampir membuat Permaisuri Liu muntah darah karena marah. Namun, dia tak mampu memikirkan beberapa alasan yang dapat membantah semua perkataan itu.

= OOO =

2 comments:

No Spoiler. No Rude Speech.