Tuesday, July 14, 2015

Douluo Dalu - Chapter 001 - Part 04

|| Terjemahan manual dari: Blue Silver Translation ||
 
Book 01 - Benua Douluo

Benua Douluo, Tang San di Dunia Lain ----------------------------------------------------------------------------------------------------

[ Part 04 ]

Karena Tang San tidak ingin kehilangan ayahnya yang sekarang, dan terlebih lagi ia tak ingin identitas masa lalunya diketahui, tentu saja ia tak memberitahu Tang Hao kalau semua ini karena ia mempelajari ilmu Mysterious Jade Hand dari Sekte Tang.

Supaya ia bisa membuat senjata rahasia yang baik, syarat paling mendasar adalah kombinasi dari ketajaman mata, kekuatan tangan, dan usaha keras. Itulah yang disebut dengan 'Hati adalah mata, mata adalah tangan'. Karena itulah, dalam menu latihan murid Bagian Dalam, persyaratan mengenai ketajaman mata dan kekuatan tangan sangatlah tinggi.

Purple Demon Eye, memiliki khasiat menguatkan pandangan mata secara maksimal dengan latihan memandang matahari yang terbit dari timur.

Myterious Jade Hand dapat menyebabkan telapak tangan menjadi sangat ulet dan kuat, bahkan mampu menahan semua jenis racun.

Dua kemampuan ini merupakan latihan khusus yang diperuntukkan bagi murid-murid Sekte Tang Bagian Dalam. Meskipun Myterious Jade Hand yang dilatih Tang San masih jauh dari kata memadai, tapi masih bisa melindungi telapak tangannya dari gesekan dengan gagang palu sehingga tidak lecet.

"Sebagai tambahan, cengkeramanku bisa dikatakan sangat kuat sekarang."

Tang San menggunakan seluruh kekuatannya dalam mengayunkan palu besi yang digenggamnya. Dalam proses yang membosankan ini, hatinya masih gelisah. Pemahamannya mengenai dunia ini masih sangat sedikit, tempat ini hanyalah sebuah desa kecil, tidak lebih tidak kurang.

Dalam dunia Douluo Dalu, terdapat dua kekaisaran besar, yang mana bisa disebut juga sebagai suatu kumpulan koalisi. Karena di dalam dua kekaisaran besar itu, wilayah kekaisaran yang sangat luas dibagikan kepada sejumlah besar bangsawan feodal, dan jumlah bangsawan yang memiliki kekuatan bersenjata tak bisa lagi dihitung saking banyaknya.

Dari kedua kekaisaran ini, Tang San berada di Kekaisaran Heaven Dou, sedangkan kekaisaran yang berada di sebelah selatan adalah Kekaisaran Star Luo.

Propinsi Fasinuo terletak di dekat perbatasan kedua negeri, dan jarak antara Desa Holy Spirit dan Kota Nuoding tak lebih dua ratus li seperjalanan jauhnya.

Tang San tahu dari percakapan para penduduk desa bahwa di benua Douluo, seni bela diri di dunianya yang dulu tidak ada, tapi ada sesuatu yang disebut Spirit. Dikatakan kalau semua orang memiliki spirit mereka sendiri, dan di antara mereka, sedikit spirit yang bisa dilatih, mereka kemudian mengambil pekerjaan yang disebut Spirit Master. Dan seorang Spirit Master adalah pekerjaan paling bergengsi di seluruh benua. Berdasarkan legenda, seratus tahun yang lalu, Desa Holy Spirit menghasilkan seorang Spirit Sage, dengan kata lain seorang Spirit Master yang terkenal. Spirit Sage adalah gelar seorang Spirit Master yang memiliki ranking cukup tinggi.

Spirit dibagi menjadi dua kategori utama, yakni tool spirit dan beast spirit. Seperti namanya, saat spirit seseorang berupa sebuah alat, maka disebut dengan tool spirit, dan kalau binatang maka disebut beast spirit.

Sebenarnya kalau mau diperbincangkan, tool spirit itu memiliki arti yang sangat luas, dan kebanyakan orang memiliki tool spirit, dan rasio tool spirit yang tak dapat dilatih jauh lebih banyak daripada beast spirit.

Tang San dulu pernah bertemu satu-satunya penduduk desa yang memiliki spirit kapak beliung, yang jelas merupakan jenis spirit yang tak bisa dilatih. Tapi meskipun demikian, pekerjaannya di tanah pertanian jauh lebih cepat dibandingkan petani biasa.

Tang San juga sepenuhnya paham kalau setiap orang yang ia temui selalu memiliki spirit, membuat Tang San juga ingin tahu spirit jenis apa yang ia miliki. Entah itu tool spirit atau beast spirit, keduanya bisa dianggap layak jika bisa dilatih.

Bagi para penduduk benua Douluo, spirit akan 'bangkit' saat mereka berusia enam tahun. Dalam beberapa hari ke depan umur Tang San akan enam tahun. Entah kenapa, ia samar-samar merasa kalau alasannya tak mampu menembus tingkat pertama dari Mysterious Jade Hand, mungkin terkait dengan spirit nya yang belum 'bangkit'.

Tang San sebenarnya tak seberapa tertarik menjadi seorang Spirit Master, sebaliknya ia bertekad untuk menjadi ahli senjata rahasia yang merupakan keahlian dari Sekte Tang Bagian Dalam, tak peduli seberapa kecil kekuatan energi dalam yang ia miliki.

"Tang Hao, apakah kau sibuk?"

Saat Tang San sedang berlatih keras dengan menempa puluhan ribu kali, ia mendengar suara seorang tua dari luar.

Saat ini sudah menjelang sore, Tang Hao sedang bekerja membuat peralatan pertanian, dan mendengar seruan itu ia hanya mengeluarkan suara, 'ng'.

Tang San, ingin tahu, keluar dari kamarnya, dan melihat seorang tua, usianya lebih dari enam puluh tahun, tubuhnya kurus, tapi memiliki semangat tinggi dan tubuh sehat, berpakaian bersih dan rapi, rambutnya disisir rapi. Sungguh jauh perbedaannya dengan Tang Hao.

Tang San mengenal orang tua ini, dia adalah kepala desa Holy Spirit, si kakek Jack.

"A San, kemarilah, biar kakek melihatmu."

Kakek Jack menoleh pada Tang San dan mnggapaikan tangannya.

Kakek kepala desa ini seorang yang baik hati, sangat dihormati oleh para penduduk desa, dia sering membawakan makanan untuk Tang San.

"Halo, Kakek Jack."

Tang San segera menghampiri Kakek Jack, memberi hormat padanya. Kalau ada orang yang memperlakukannya dengan baik, Tang San selalu akan mengingatnya dalam hati.

Tang Hao dengan acuh berkata, "Aku sedang sibuk, pak tua."

Kakek Jack sebenarnya tidak lebih sepuluh tahun lebih tua darinya, tapi saat menganggapnya sebagai generasi yang setingkat, membuat suasana hati Tang Hao entah kenapa menjadi buruk.

Kakek Jack kelihatannya sudah terbiasa dengan tingkah Tang Hao.

"Tang Hao, ah, A San dengan cepat sudah berumur enam tahun. Ia seharusnya begabung dengan perayaan 'kebangkitan' tahun ini."

Tang Hao memandang Tang San, dengan acuh berkata, "Kalau begitu biar ia ikut saja. Kapan?"

Kakek Jack berkata: "Dalam waktu tiga hari, saat tiba waktunya aku akan datang membawanya."

Dengan tampangnya saat melihat Tang Hao, dia nyata-nyata mau berkata, 'jika kau nanti yang membawanya, maka bisa saja nanti tertunda.'

Tang San penuh rasa ingin tahu bertanya, "Kakek Jack, apa itu perayaan 'kebangkitan'?"

Kakek Jack dengan tegas berkata,

"Kita semua memiliki spirit, yang nanti akan 'bangkit'  sekitar umur enam tahun pada saat diadakannya perayaan 'kebangkitan'. Dengan memiliki spirit, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dalam satu bidang tertentu. Sebuah spirit biasa pun akan sangat membantu. Jika beruntung kau mendapatkan sebuah spirit yang luar biasa, dan dapat dilatih, maka, kau akan memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Spirit Master. Perayaan 'kebangkitan' diadakan sekali setiap tahunnya, aku tak mau kau melewatkannya. Pembantu Kepala Cabang Spirit Hall dari Nuoding City, yang secara pribadi datang untuk membantu mem'bangkit'kan anak-anak desa kita. Pembantu Kepala Cabang itu dianmgga[ sebagai seorang Spirit Master yang gelarnya Spirit Grandmaster."

Saat mengatakan "Spirit Grandmaster", tampak sorot memuja di mata Kakek Jack.

Tang San hanya mendengar beberapa hal secara samar mengenai para Spirit Master, jadi sekarang tentu saja ia tak bisa melewatkan kesempatan yang datang ini, dengan segera ia bertanya, "Apa yang dimaksud dengan Spirit Grandmaster?"

= OOO =

No comments:

Post a Comment

No Spoiler. No Rude Speech.