Monday, July 20, 2015

Douluo Dalu - Chapter 02 - Part 04

|| Terjemahan manual dari: Blue Silver Translation ||
 
Book 01 - Benua Douluo

Spirit Tak Berguna
------------------------------------------------

[ Part 04 ]

"Baiklah"

Menguji seorang anak tak membuang waktu banyak. Sementara dia berkata, tangannya mengulurkan bola kristal biru ke hadapan Tang San.

Seperti sebelumnya, Su Yuntao menginstruksikan untuk mengeluarkan blue spirit grass dari dalam tubuhnya. Ia menyadari kalau ini tidaklah terlalu sulit, karena hampir sama dengan saat ia ingin menggunakan ilmu Mysterious Heaven. Berturut-turut, Tang San menyadari bahwa saat blue spirit grass muncul, tampaknya ilmu Mysterious Heaven nya juga keluar, dan seperti itulah blue spirit grass miliknya menyatu dengan ilmu Mysterious Heaven.

Saat telapak tangannya akan menyentuh bola kristal biru, tubuh Tang San tiba-tiba gemetaran tak terkendali. Ia sangat terkejut saat mengetahi kalau bola kristal biru yang indah ini tak disangka-sangka memiliki kekuatan menghisap yang luar biasa karena energi Qi dalam tubuhnya membanjir keluar seakan-akan menemukan jalan keluar. Ia ingin membebaskan diri, tapi tak peduli bagaimana ia mencoba, ia tak mampu lolos dari hisapan kristal biru itu.

Su Yuntao juga tercengang, dia menyangka kalau situasi seperti ini akan muncul saat menguji kekuatan spirit dari anak terakhir di desa Holy Spirit. Tiba-tiba, bola kristal biru di tangannya mulai bersinar, cahaya kebiruan muncul, mulai dari setitik cahaya kecil menyebar ke seluruh permukaan bola kristal secara kilat. Dalam sekejap mata, kristal biru ini tampak seperti permata gemerlapan menyebarkan sinar kebiruan. Sebuah sinar biru terang menyejukkan muncul dan tampak stabil dari dalam bola kristal itu.

Menurut tes secara tradisional, sepanjang kristal biru menunjukkan reaksi, meskipun cahaya samar setitik saja, itu artinya ada kekuatan spirit, dan saat ini, kristal biru itu memancarkan cahaya kebiruan yang sangat terang bergemerlapan, hanya ada satu penjelasannya,

"Oh Langit! Kekuatan spirit yang sejati !"

Cahaya hijau kebiruan sekali lagi terpancar dari tubuh Su Yuntao, dan bola kristal biru terlepas dari tangan Tang San. Saat ini, dia melihat kalau sorot mata anak kecil di hadapannya berubah. Menyerupai sorot mata seekor monster.

Tang San tentu saja menyadari kalau situasinya sangat berbeda dengan anak-anak yang lain, merasa kurang pasti ia bertanya, "Paman, apa itu kekuatan spirit yang sejati?"

Su Yuntao yang masih tercengang, tanpa sadar menjelaskan,

"Semua orang saat membangkitkan spirit mereka, selain bentuk dari spirit nya yang menentukan apakah itu nanti dapat menjadi besar dan kuat, jumlah kekuatan yang dimiliki spirit juga sangat penting. Banyak orang di saat membangkitkan spirit tak punya kekuatan spirit, seperti beberapa anak sebelum ini. Mereka ditakdirkan sepanjang hidup mereka tak mampu menjadi seorang Spirit Master. Tapi saat kekuatan spirit muncul, meskipun hanya sedikit, orang itu bisa bermeditasi untuk mengolah energi. Dan kekuatan spirit  sangat penting karena menentukan langkah awal dari seorang Spirit Master untuk mengolah energinya. Semakin tinggi kekuatan spirit nya, kecepatan mengolah energinya juga lebih besar. Terlebih lagi, yang memiliki kekuatan spirit lebih besar akan mampu melatih energinya lebih awal. Apa yang disebut dengan kekuatan spirit yang sejati?  Saat seseorang membangkitkan spirit nya, dia memiliki kemampuan sejati untuk meraih kekuatan spirit yang tertinggi."

"Kekuatan spirit yang tertinggi?"

Tang San memandang Su Yuntao, hatinya bercampur aduk, ia tak tahu apa itu kekuatan spirit yang sejati, tapi ini artinya, kalau tadi kristal biru menyerap kekuatan dari ilmu Mysterious Heaven nya. Mungkinkah kalau kekuatan energi Qi nya di dunia ini diubah menjadi kekuatan spirit?

Mungkin dikarenakan rasa takjubnya akan kekuatan spirit yang sejati dari Tang San maka Su Yuntao tak berkeberatan memberikan penjelasan :

"Spirit dibagi seperti ini: setiap 10 tingkat ada gelarnya. Setelah kebangkitan spirit, seseorang secara otomatis disebut dengan Spirit Scholar. Tentu saja hanya Spirit Scholar pemula. Berdasarkan kekuatan yang dimiliki oleh spirit maka dibagi menjadi beberapa tingkat. Apa yang disebut dengan kekuatan spirit yang sejati? Setelah spirit seseorang dibangkitkan maka tingkat kekuatan spirit nya langsung menjadi tingkat ke sepuluh. Aku masih belum pernah menemukan seseorang yang memiliki kekuatan spirit yang sejati. Aku sendiri saat dibangkitkan hanyalah pada tingkat keduat kekuatan spirit."

Tang San mengetahui kalau sangat sulit mencari Spirit Master, jadi mumpung ada Sun Yuntao maka ia segera bertanya keraguan dalam hatinya,

"Kekuatan spirit yang sejati apa hanya bisa sampai tingkat kesepuluh? Tidak bisa lebih tinggi lagi?"

Cahayan hijau kebiruan yang melingkupi tubuh Su Yuntao pelan-pelang menghilang, Su Yuntao menarik kembali ilmunya.


"Tentu saja tidak. Kekuatan spirit seorang Spirit Master tak mudah ditingkatkan segampang itu. Setiap gelar baru bisa dicapai saat kekuatan spirit seseorang sudah mencapai tingkat yang sesuai, terlebih lagi seseorang juga harus mendapatkan spirit ring. Tanpa sebuah spirit ring, meskipun kau berusaha keras untuk mengolah energimu, tak mungkin mencapai gelar selanjutnya. Contohnya seperti dirimu ini, karena kau sudah memiliki kekuatan spirit yang sejati, kau harus mencari dan mendapatkan sebuah spirit ring. Setelah itu kau baru bisa naik ke tingkat selanjutnya dan meraih gelar kedua, dan baru bisa melanjutkan meditasimu untuk mengolah energi."

Tang San tiba-tiba bertanya, "Spirit ring, seperti cahaya yang melingkupi di tubuh paman tadi? Paman ada di tingkat kedua puluh enam, karena itu kau pasti memiliki dua spirit ring."

Su Yuntao mengangguk sembari berkata,

"Tepat sekali! Kondisimu sangat luar biasa, kekuatan spirit yang sejati sangatlah jarang dan hanya muncul seratus tahun sekali. Tapi sungguh sayang, sungguh sangat disayangkan, tak disangka spirit mu berwujud spirit tak berguna. Kalau saja spirit mu alat pertanian, masih lebih baik dan lebih kuat daripada Blue Silver Grass. Dan dengan demikian, aku bisa ...."

Su Yuntao tak melanjutkan, tapi Tang San sudah mengerti kelanjutannya, hanya saja dalam hati Tang San, seperti tirai tak terlihat telah terangkat.

Tang San selalu menjadi seseorang yang memiliki pemikiran yang mendalam, di kehidupannya sebelum ini, maupun di kehidupannya yang sekarang.  Menurut perkataan Su Yuntao, kekuatan spirit tampaknya memang berhubungan dengan kekuatan energi dalam tubuh seseorang.

Nah itu, setelah ia sampai di dunia ini, saat ia mengolah energi Qi akan menjadi kekuatan spirit dan alasan mengapa ilmu Mysterious Heaven nya tak bisa menembus ke tingkat kedua, tepatnya karena ia belum mendapatkan spirit ring. Dan kalau ia ingin meningkat lebih lanjut maka ia harus menjadi seorang Spirit Master dan mendapatkan spirit ring.  Tapi apa sebenarnya spirit ring?

Tang San sudah merenungkannya sebelum ia mau melanjutkan pertanyaannya, tapi Su Yuntao sudah mengemasi buntalannya dan berjalan keluar.

"Kakek Jack!"

Pintu terbuka, kakek Jack dengan wajah tegang menemui Su Yuntao.

"Grandmaster, bagaimana? Apakah tahun ini anak-anak desaku punya kesempatan untuk menjadi seorang Spirit Master?"

Su Yuntao memandangnya kemudian mendesah, berkata,

"Hanya ada satu, tapi sungguh sayang ..."

Mata kakek Jack segera menjadi bingung tak mengerti, ragu-ragu dia bertanya lagi,

"Grandmaster, hasilnya ...?"

Su Yuntao berkata,

"Tahun ini di antara delapan anak, hanya satu yang memiliki kekuatan spirit, bahkan mempunyai kekuatan spirit yang sejati, sayangnya, spirit nya adalah Blue Silver Grass, kau mengerti khan?"

"Blue Silver Grass? Kekuatan spirit yang sejati? Ya Dewa!"

Ekspresi wajah Jack menjadi sangat murung bahkan jika dibandingkan dengan wajah Su Yuntao masih lebih gelap lagi. Dia yang sudah menjadi kepala desa entah berapa puluh tahun, tentu saja paham apa arti dan pengaruh dari kekuatan spirit yang sejati. Tapi kekuatan spirit yang sejati kali ini disertai dengan Blue Silver Grass sebagai spirit nya, sungguh sesuatu yang ....

"Grandmaster, Blue Silver Grass, apakah benar sudah tak ada cara untuk agar dapat mengolah energi nya?" Kakek Jack mengerutkan keningnya dan bertanya.

Su Yuntao bisa merasakan dan memahami pikiran dari Kakek Jack, meninggalkan sikapnya yang angkuh, menepuk pundak Kakek Jack dan berkata,

"Bukannya tak bisa mengolah energi, hanya saja, pikirkan saja bagaimana laju perkembangan Blue Spirit Grass, evolusi apa yang bisa ia dapatkan? Spirit yang tak berguna pada akhirnya tetap menjadi spirit yang tak berguna. Meskipun ia nantinya akan menjadi seorang Spirit Master, tetapi seorang Spirit Master yang tak berguna. Kekuatan spirit yang sejati ini memang sungguh tersia-siakan. Baiklah kalau begitu, aku akan pergi dulu, aku masih harus pergi ke desa yang lain."

Su Yuntao pada akhirnya tidak menunggu Tang San untuk melanjutkan pertanyaannya, meninggalkan desa setelah selesai melakukan tugasnya. Tanpa Su Yuntao, Tang San hanya bisa menemui Kakek Jack di luar, dan bertanya satu pertanyaan mendesak yang perlu ia ketahui segera, "Kakek Jack, apa itu spirit ring? Bagaimana aku bisa mendapatkan spirit ring?"

Kakek Jack masih memikirkan perkataan Su Yuntao, dia menjawab tanpa sadar,

"Aku juga tak tahu apa itu spirit ring. Agar mendapatkan spirit ring, seseorang tampaknya harus memburu spirit beast. Ini adalah tugas yang hanya bisa dilakukan oleh seorang Spirit Master."

= OOO =

No comments:

Post a Comment

No Spoiler. No Rude Speech.